Kita sering merasa sulit saat mengisi berbagai formulir pajak. Kita pun kadang mumet melihat berbagai rumus perhitungan pajak yang bermacam-macam. Apalagi perhitungan pajak di Indonesia menerapkan prnsip self-assessment, atau mengitung sendiri. Jika kurang tentu harus bayar hutang, jika berlebih, katanya bisa dikembalikan.

Kerumitan perhitungan pajak bisa jadi karena kita tidak pernah mempelajari berbagai peraturan atau pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kadang kita pun minta bantuan teman-teman saat mengisi SPT. Bahkan di tingkat perusahaan yang nilai pajaknya besar-besar, konsultas pajak pun laku untuk diminta jasanya.

Kembali ke peraturan perpajakan, kita sering memerlukannya pada saat mau membuat tulisan atau riset di bidang perpajakan. Setidaknya peraturan tersebut menjadi rujukan dalam tulisan.

Berburu peraturan pajak menjadi makin mudah di era informasi ini. Tinggal memasukkan kata kunci yang berkenaan dengan peraturan pajak, maka mesin pencari pun menyediakan hasil pencariannya. Biasanya, file peraturan tersebut ditemukan di banyak alamat, padahal peraturan tersebut adalah produk hukum yang dibuat oleh pihak pemerintah, termasuk peraturan perpajakan pada tingkat kementerian ke bawah yang dibuat oleh Kementerian Keuangan atau Direktorat Jenderal Pajak. Biasanya instansi pemerintah pun mengunggah berbagai peraturanperundangan di websitenya.

Tampilan website Dirjen Pajak

Kita lihat sekilas bagaimana mencari file peraturan perpajakan melalui situs  Dirjen Pajak yang bisa di akses di sini. Pada halaman muka, kita tinggal meng-klik menu “Peraturan” sehingga muncul tampilan berikut.

 

Jendela pencarian peraturan di web Dirjen Pajak

Nah, di jendela itulah kita bisa mencari berbagai peraturan perpajakan, mulai dari setingkat undang-undang, perpu, peraturan perundangan, sampai ke pengumuman. Selamat mencoba.

Tags: , ,

One Response to “Cari Peraturan di Situs Dirjen Pajak”

  1. Rana
    16. Jun, 2012 at 4:41 am #

    araii: kalo peluang sih ununtg-ununtgan sih. Saya dulu taunya di STAN itu hanya Pajak, AKun dan Bea cukai. Pas daftar saya pilih akun, pajak, dan BC. Alhmdlillah ketrima nya akun. jadi peluang itu semua ada. Ada temen saya yang dia ga milih jurusan akun, ketrima akun.

Leave a Reply

Name (required)

Email (will not be published) (required)

Website


eight + = 10